Menggugat Pernyataan Al Muzammil Yusuf dari Perspektif Dapil

Oleh: Erwin Sudarman
Stafsus Korkesra DPR RI di Dapil NTB

 

Pernyataan Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf bahwa PKS kini lebih solid tanpa Fahri Hamzah*) sungguh adalah pernyataan yang tidak berdasar dan tidak pada tempatnya. Pernyataan Al Muzammil itu cenderung mendiskreditkan Fahri Hamzah, seakan Fahri menjadi sumber masalah yang mengganggu soliditas PKS. Kenyataannya sungguh berbeda dengan apa yang dikatakan oleh Al Muzammil. Apalagi jika dikaitkan dengan posisi Fahri di Daerah Pemilihannya, Nusa Tenggara Barat.

Bagian 1 : MAGNET SUARA

Fahri justru adalah “magnet suara” bagi PKS di Dapil yang terdiri dari 8 kabupaten dan 2 kota itu. Fahri telah mengikuti 3 kali Pemilu di Dapil Nusa Tenggara Barat. Perolehan suara Fahri terus meningkat dari pemilu ke pemilu. Perolehan suara Fahri pada tahun 2014 sebesar 125.083 suara, meningkat sebesar 18,67% dari suara tahun 2009 sebesar 105.412. Perolehan suara Fahri itu adalah senilai 49,27% dari total suara PKS di NTB tahun 2014 sebesar 253.870 suara. Tampak bahwa hampir setengah dari perolehan suara PKS di NTB disumbang oleh suara individual Fahri.
Total perolehan suara PKS di dapil NTB sendiri meningkat sebesar 96.279 suara atau 61,09% dari perolehan tahun 2009 sebesar 157.591 suara. Bahkan ketika dapil-dapil lainnya mengalami penurunan suara, yang berimbas pada turunnya perolehan kursi PKS tahun 2014, dapil NTB malah memberikan peningkatan jumlah suara.

Peningkatan yang sangat signifikan ini menunjukkan bahwa selama Fahri berkiprah politik di Dapil NTB, struktur partai tidak mengalami masalah apapun dengan Fahri. Dengan kata lain, soliditas struktur PKS di NTB tetap solid selama Fahri berkiprah menjadi wakil rakyat asal NTB. Bukan berarti tidak ada perbedaan pendapat sama sekali antara Fahri dengan struktur PKS di NTB. Namun kemampuan untuk mengatasi perbedaan dan lebih mengutamakan keutuhan internal, membuat Fahri mampu bekerja dan berkinerja dengan seluruh jajaran struktur PKS di NTB.
Kalau saja seperti diisyaratkan oleh Al Muzammil bahwa Fahri adalah sumber kekisruhan internal, maka sudah pasti suara PKS akan mengalami penurunan di Dapil Fahri sendiri. (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *